Problematika Sistem pendidikan perkuliahan online

By | April 15, 2020
kuliah online
foto : kulon

Beberapa waktu ini kita sudah sangat dekat dengan kalimat perkuliahan online. Semua lembaga dan instansi pendidikan mendapatkan arahan untuk melakukan sistem perkuliahan online . Sebagai contoh seperti universitas yang akan dibahas pada saat ini. Pemerintah membuat sebuah aturan agar semua universitas baik itu negeri maupun swasta untuk melaksanakan sistem online/perkuliahan daring.

Sejak pandemi corona mulai meluas di negara indonesia, beberapa aktivitas harus dibatasi dan itu termasuk dalam sistem pendidikan di indonesia. Kini para mahasiswa dituntut agar dapat berinteraksi dan juga melakukan aktivitas pembelajaran melalui berbagai media online. Hal itu bisa berupa sebuah forum, media pembelajaran video maupun melakukan interaksi online dengan memanfaatkan aplikasi seperti google meeting maupun zoom.

Sudah berjalan hampir lebih dari 5 minggu hingga saat ini. Pada awalnya hanya beberapa universitas saja yang melakukan proses pembelajaran seperti ini . Memang hal ini membutuhkan sebuah keputusan yang berani dari setiap pimpinan di universitas karena akan ada dampak positive dan negative yang dapat diterima oleh kampus yang bersangkutan. Sosialisasi corona pada awalnya dianggap sepele sehingga masih banyak orang yang menganggap bahwa hal ini [pandemi corona] terlalu dibesar-besarkan.

Awalnya kementerian pendidikan memberikan keleluasaan terhadap setiap universitas untuk mengambil keputusan terbaik dan setiap keputusan masing-masing universitas akan dihargai. Beberapa kampus mengambil sikap yang berbeda, namun seiring berjalannya waktu dan semakin meluasnya peta penyebaran virus corona maka kini setiap kampus memiliki cara pandang yang sama. universitas di seluruh indonesia akhirnya membuat keputusan untuk menghentikan perkuliahan regular yaitu tatap muka dan menggantikannya dengan perkuliahan daring/perkuliahan online. Perkuliahan online seperti ini biasanya sudah sangat kental dengan universitas terbuka yang memang memiliki dasar perkuliahan online sejak dahulu. Hal ini didukung dengan instruksi pemerintah untuk dapat membatasi segala hal yang melibatkan pertemuan banyak orang dan salah satunya yaitu pembelajaran di kelas.

Baca Juga :   Info Perumahan Rancamanyar Indah

perkuliahan online akhirnya menjadi sebuah solusi bagi semuanya baik itu pihak pemerintah, universitas dan mahasiswa tersendiri. Namun dibalik itu semuanya ada sebuah problematika yang dihadapi dalam menjalankan sistem perkuliahan online yang ada pada saat ini. Berikut beberapa problematika yang didahapi ketika terjadinya sebuah sistem perkuliahan online/daring.

  • Sistem pendidikan perkuliahan online yang ada belum sempurna untuk diaplikasikan bagi beberapa kampus.
  • Beberapa kampus masih belum siap secara SDM maupun perangkat yang dapat menunjang terlaksananya sistem perkuliahan secara online.
  • Masih banyak dosen yang belum siap dan sosialisasi bagi beberapa dosen sulit dilakukan karena terbentuknya faktor umur yang menghambat pemahaman teknologi yang baik dalam menunjang perkuliahan secara online.
  • Bagi beberapa mahasiswa bahwa sistem perkuliahan online terlalu memberatkan karena mereka membutuhkan perangkat untuk mengakses [komputer] dan akses internet yang memadai.
  • Materi yang disampaikan terlalu berat dibandingkan ketika seperti menjalankan perkuliahan reguler sebelumnya.
  • Mahasiswa mendapatkan banyak tugas yang jika dibandingkan dapat menghabiskan lebih banyak waktu. Padahal pemahaman terhadap materi masih memerlukan waktu untuk dapat dipahami dengan baik.
  • Banyak deadline waktu yang berada pada jam-jam tertentu.

Memang perlu adanya komunikasi dan bahkan perlu adanya suatu kesepakatan antara dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan sebuah beban perkuliahan yang tepat. Dosen harus dapat memfasilitasi materi dengan baik dan Mahasiswa harus dapat menerima materi dengan langkah yang tepat. Setiap bagian harus bisa saling membantu,terlebih media pembelajaran online/daring memiliki beberapa kelemahan karena memang interaksi secara langsung tidak didapati dan tidak terpenuhi seperti ketika melaksanakan perkuliahan secara reguler.

Berbagi adalah bagian dari kebersamaan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments