Memperbaiki Printer Epson yang susah menyala

By | April 12, 2020

Printer Epson adalah salah satu printer dengan merk yang paling popular di indonesia. Dengan tingkat penggunaan yang banyak tentunya membuat Printer tersebut memiliki beberapa problematika yang dihadapi. Salah satu permasalahan yang sering terjadi yaitu terjadinya susah nyala atau dapat dikatakan printernya lagi ngeyel.

Permasalahan printer epson terutama series L yaitu series Epson L100, Epson L110, Epson L120, Epson L200, Epson L210, Epson L220, Epson L300, Epson L310, Epson L350, dan series Epson lainnya. Permasalahan terjadi pada sektor daya yaitu power supply yang berada di bawah printer.

Ada cara yang cepat sebenarnya sebelum kita memutuskan untuk mengganti power supply yang ada pada printer epson. Cara tersebut yaitu dengan membuang listrik statis yang ada pada colokan listrik angka 8 pada belakang dan bawah printer. Cara yang dilakukan yaitu dengan menghubungkan kedua pin power dengan bahan berupa besi atau yang dapat menghantarkan . Sebagai contoh penulis sering menggunakan barang yang mudah yaitu gunting. Dengan menempelkan kepada kedua ujungnya maka membuat printer menyala lagi.

Namun cara ini pasti akan merepotkan terutama bagi seseorang yang memiliki mobilitas tinggi dan sedang dikejar dengan tugas kerjaan. Cara yang paling ampuh yaitu dengan membeli power supply sesuai dengan printer epson yang kita miliki.

Yang harus kita lakukan pastinya yaitu membongkar unit power supply pada printer. cara ini cukup mudah karena hanya terdapat satu buah mur yang dapat dibuka dengan obeng plus dengan mudah. Bukalah dengan perlahan dan perhatikan dengan seksama kaitan casing printer , perhatikan dengan baik slot kaitan case yang ada pada power supply , jika kita tidak tepat dalam melihat dudukannya maka itu terasa sulit.

Baca Juga :   HDMI Extender over IP

Untuk memastikan bahwa kerusakan tepat terjadi pada power supply yaitu dengan mengukut tegangan yang ada pada power supply tersebut. Kalian dapat melakukan pengukuran dengan menggunakan avometer. terdapat 3 buah kabel yang ada pada power supply printer, acuhkan kabel yang tengah dan fokuskan pada kabel yang terdapat pada kiri dan kanan dudukan power. Lihatlah jumlah voltase yang dihasilkan dan samakan dengan yang tertera pada case power supply printer. Jika memang tegangan tidak stabil dan bahkan tegangan naik turun maka dapat dipastikan power supply printer mengalami kerusakan.

Jangan tunggu lama dan langsung beli adaptor ataupun power supply printer sesuai dengan yang anda miliki. Menurut pengalaman bahwa membeli unit power supply printer di toko offline di daerah kota Bandung harganya cukup mahal. Pada akhirnya penulisan melakukan penelusuran dan akhirnya dapat membeli power supply printer epson Series L220 dengan harga di bawah 100 ribuan. Penulis membelinya secara online di tokopedia. Berikut link yang disarankan penulis karena setelah beberapa kali membeli selalu mendapatkan barang yang bagus dan tidak pernah bermasalah lagi.

  1. Fixprint jakarta. Tokpedia.

Hingga kini sudah ada sekitar 5 unit lebih printer yang diganti power supply nya dan alhamadulillah hingga sekarang tidak menemukan permasalahan yang terulang lagi pada unit printer tersebut. Penyebab utama terjadi kerusakan pada power supply printer yaitu dari kurang baiknya tegangan listrik. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika adanya pemadaman listrik mendadak ataupun adanya instalasi listrik yang kurang baik di tempat kalian. Seperti kebanyakan perangkat elektronik maka penulis menyarankan untuk menggunakan perangkan seperti Stabilizer dan UPS. Dengan menggunakan Stabilizer dan UPS maka dapat mengurangi terjadi lonjakan maupun penurunan tegangan yang dapat membuat power supply mengalami kerusakan.

Baca Juga :   Manfaat Menambahkan Table Of Content pada Website

Akhir kata sekian dari penulis, tetap berbagi karena berbagi adalah bagian dari kebersamaan.

5 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments