Perbandingan Kecepatan Memory DDR4

By | December 4, 2020
kecepatan memory DDR4

Memory DDR4 adalah sebuah teknologi yang mulai beredar secara luas di tahun 2014. Teknologi dari Vendor chip memory seperti samsung dan hynix sudah secara gencar memperluas market valuenya , dengan berbagai kelebihan yang ada dibandingkan system memory yang ada sebelumnya yaitu yang bertype DDR3. Memory DDR4 Memiliki kapasitas hingga 16GB sehingga membuat build up kecepatan processing pada komputer bisa meningkat jauh lebih baik. Selain itu bahwa timing, latency dan kecepatan menjadi nilai yang bisa dilihat secara teliti karena ada beberapa type memory DDR4 berbeda yang sudah beredar.

Menurut beberapa data dari produsen memory kini kecepatan memory paling tinggi berada di range 3600 Mhz, namun perlu diingat bahwa tidak selamanya nilai paling tinggi adalah yang terbaik karena perpaduan antara komponen processor dan motherboard menjadi penentu akan bekerja secara maksimal ataupun tidaknya sebuah perangkat memory.

Sebagai contoh bahwa perangkat processor seperti keluarga AMD Ryzen lebih optimal ketika dipasang dengan memory yang memiliki frekuensi yang tinggi seperti 3600Mhz. Berbeda dengan intel yang secara performa lebih cenderung pada memory yang memiki Latency yang jauh lebih rendah walaupun frekuensi kecepatan hanya berada pada 3200Mhz . Jadi pemilihan memory harus dicocokan dengan RIG komponen komputer yang dimiliki.

Dengan jumlah pin yang lebih banyak yaitu 288 pin membuat memory DDR4 bisa memiliki range power yang lebih baik dibandingkan dengan memory DDR3 yang hanya memiliki jumlah pin sebanyak 240 buah. Untuk catu daya juga bahwa memory DDR4 memiliki tegangan yang jauh lebih kecil yaitu sekitar 1.2 Volt dibandingkan dengan memory DDR3 yang berada pada range voltage 1.35V ( Untuk low voltage ) dan 1.5V ( Untuk standard voltage)

Baca Juga :   Mengatasi Printer yang tidak dapat melakukan Print [ Services.msc ]

Beberapa data yang ditampilkan crucial menjelaskan bahwa teknologi memory akan segera diperbaharui . Bahwa memory bertype DDR5 sudah mulai dikembangkan dan diproduksi secara terbatas di tahun 2020 ini. Samsung kembali menjadi yang terdepan dalam pengembangan chip memory bertype baru ini. Bisa dibayangkan bahwa akan terjadi peningkatan kecepatan, dan memory DDR5 ini diprediksi akan memulainya dengan DRAM memory berkapasitas 16GB.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments