Penerimaan Pegawai Universitas islam Bandung ( UNISBA )

By | April 6, 2020

Proses penerimaan pegawai di UNISBA

Sudah beberapa tahun ini universitas islam bandung ( Unisba ) melakukan penerimaan pegawai baik itu Dosen maupun Tenaga kependidikan ( Tendik ). Sama hal yang terjadi pada beberapa tahun yang lalu ketika penulis melakukan proses seleksi penerimaan pegawai di UNISBA.

Pada kesempatan ini penulis ingin menjambarkan sedikit proses penerimaan pegawai khususnya tenaga kependidikan di universitas islam Bandung yang penulis alami pada tahun 2014 yang lalu, mungkin akan ada perbedaan pada tahun yang lainnya karena tentunya disesuaikan dengan aturan yang ada . Tujuan dari tulisan ini hanya sebatas untuk berbagi dan bernostalgia terhadap kenangan yang ada.

Proses penerimaan tenaga kependidikan di Unisba bisa dikatakan cukup panjang dan memiliki beberapa kriteria yang harus dilalui dengan berbagai seleksi yang ada. Mulai dari proses pemanggilan pertama yang penulis alami dan penulis menerima selembaran kertas mengenai jadwal setiap sub seleksi yang harus dilalui. Seleksi pertama diawali dengan melakukan test psikotes yang dilakukan oleh team psikologi UNISBA, selanjutnya melakukan test tertulis, kemudian dilanjutkan dengan melakukan test membaca al-quran. Selang beberapa waktu kemudian dilaksanakan test praktikum sesuai dengan sub keahlian yang dimiliki oleh setiap tenaga kependidikan. Jika dinayatakan lolos seleksi tahap ini maka akan dilanjutkan dengan test wawancara dengan 2 pimpinan yaitu di universitas dan di yayasan. Pada akhirnya akan ada pengumuman akhir apakah kita diterima atau tidak. Mungkin untuk mudahnya penulisan urutkan sebagai berikut:

  1. Psikotes
    Pada Psikotes seperti biasa kita akan dihadapkan pada berbagai soal yang harus dikerjakan dengan cepat dan semua jawaban dapat dikatakan benar karena pada piskotes ini yang dicari adalah bagaimana kondisi emosional pada setiap orang yang mengerjakan. tipsnya adalah jaga kondisi fisik kita dan jangan lupa untuk dapat beristirahat dengan cukup karena pisikotes membutuhkan konsentrasi serta kondisi emosional kita yang baik juga. Kondisi emosional yang buruk karena tidak beristirahat dengan cukup dapat membuat kita tidak dapat berpikir dengan baik.
  2. Ujian Tertulis
    Pada ujian tertulis ini kita dihadapkan pada berbagai soal yang berkaitan dengan ajaran agama islam , tentunya UNISBA sebagai lembaga kependidikan yang berlandaskan agama islam ingin mengetahui potensi tentang pengetahuan seputar ajaran agama islam pada setiap calon pegawainya.
  3. Ujian BTAQ
    Pada Ujian ini kita dihadapkan pada pengetahuan kita seputar Al-quran. Dimulai dari cara membaca Al-quran dan beberapa kali ditanyakan seputar arti dan kandungan yang ada pada beberapa surat dalam Al-quran.
  4. Ujian Praktik
    Ujian ini bersifat kepada keahlian pada setiap calon tenaga kependidikan dan kami dibagi pada beberapa kelompok sesuai dengan jurusan dan keahlian yang dimiliki. Pada Ujian kali ini setiap orang berusaha melakukannya dengan sebaik mungkin.
  5. Wawancara
    Wawancara adalah sebuah proses yang pasti dihadapi bagi setiap orang yang ingin bekerja. Proses wawancara di universitas islam Bandung seperti yang dialami oleh penulis melalui 2 proses yaitu melakukan proses wawancara dengan pimpinan di universitas dan kemudian melakukan wawancara dengan pimpinan di yayasan. Bagi kebanyakan orang proses wawancara pasti akan membuat orang mengalami kegugupan dan grogi. Itu wajar karena wawancara biasanya akan menentukan apakah seorang calon pegawai akan diterima atau tidak.
  6. Test Kesehatan
    Test kesehatan menjadi sebuah standar bagi setiap orang yang akan diterima menjadi pegawai, hal ini karena kesehatan setiap calon pegawai akan diuji dan memastikan bahwa pegawai tersebut sehat dan dapat bekerja dengan maksimal.
  7. Pengumuman akhir
    Nah inilah yang ditunggu, dengan proses yang begitu cukup lama karena penulis alami sekitar 2 bulan lebih dari pemanggilan awal hingga akhir. Point penting yang harus kita lakukan adalah bersabar dan terus berdoa.
Baca Juga :   Info Perumahan Pohon Mangga Regency

Proses penerimaan tenaga kependidikan universitas islam bandung ( UNISBA ) yang dialami penulis memang cukup lama jika dibandingkan dengan mayoritas penerimaan pegawai di instasi/perusahaan lainnya.

Pada intinya bahwa proses tidak akan pernah mengkhianati hasil akhir, selama kita terus berusaha dan terus melakukan setiap hal dengan semaksimal mungkin maka kita akan mendekatkan pada hasil yang positive.

Berikutlah proses yang penulis alami selama mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai tenaga kependidikan di universitas islam bandung ( UNISBA ). Tulisan ini bukanlah suatu patokan seperti yang penulis sebutkan diatas karena kembali ke awal bahwa aturan akan selalu diperbaharui dan diperbaiki. Ini hanya sebuah kenangan yang ditulis kembali pada sebuah coretan halaman yang kosong, mungkin bisa saja ada kesalahan karena jauhnya waktu dan keterbatasan setiap manusia. So, tetap optimis dan bagi siapapun yang ingin berbagi maka silahkan berkomentar.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments