Mengatasi Printer yang tidak dapat melakukan Print [ Services.msc ]

By | August 10, 2020
epson
foto : https://www.epson.co.id/

Masalah apakah ?

Apakah anda pernah dikejar suatu pekerjaan yang mengharuskan anda melakukan cetak dokumen ? Jika iya bagaimana jika anda tiba tiba mengalami kesulitan ketika akan mencetak dokumen yang dibutuhkan, itu adalah sebuah cerita yang tentu menjengkelkan dan menyedihkan.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh sebuah perintah program di windows anda tidak berjalan dengan semestinya. Sederhananya bahwa program executable tersebut bernama print spooler , tugas utama perintah ini yaitu membuat sebuah antrian agar nantinya perintah cetak yang ada di komputer yaitu berupa dokumen dapat dikirimkan ke media cetak yaitu printer. Penanganan proses mencetak meliputi penentuan lokasi driver printer, pemuatan driver printer, menjadwalkan waktu cetak dan lain sebagainya. Print spooler juga menyimpan banyak dokumen cetak ke dalam antrian cetak.

Masalah yang disebabkan Print Spooler

Jika anda memiliki masalah seperti dibawah ini maka anda bisa melanjutkan ke step berikutnya :

  1. Driver dan Printer terbaca dengan normal di komputer.
  2. Tidak bisa melakukan proses print dengan berbagai printer yang ada.
  3. Printer dapat digunakan dengan normal pada komputer lainnya.

Solusi mengatasi Print Spooler

Jika anda mengalami hal tersebut maka bisa dipastikan bahwa perintah printer yang ada pada komputer anda mengalami permasalahan. Mari kita lihat bagaimana cara mengatasti print spooler yang error dengan langkah yang mudah step by step :

  1. Buka windows services.
    Anda bisa mengakses windows services dengan mudah yaitu dengan masuk ke dialog Run yang dapat diakses dengan tombol Home + R. Kemudian ketikan services.msc . kemudian tekan Enter atau OK pada button dialog.
  2. Akan muncul sebuah dialog service yang berisi berbagai perintah yang ada pada komputer anda . Carilah sebuah perintah yang bernama Print Spooler , kemudian double click.
  3. Akan muncul sebuah Dialog menu Print Spooler properties, Pada Tab General cari service status dan kemudian klik stop untuk melakukan restart perintah Print Spooler tersebut.
  4. Pastikan status pada startup type berada pada pilihan “automatic” agar program berjalan pada startup yaitu berjalan secara otomatis ketika komputer dinyalakan.
  5. Klik Start untuk kembali memulai program Print spooler tersebut.
  6. Kemudian klik ok.
Baca Juga :   HDMI Extender over IP

Berikut adalah cara untuk mengatasi ketika komputer kita tidak dapat melakukan perintah cetak. Dengan beberapa asumsi yang tadi ada pada tab masalah . Mudah bukan ? Jadi cobalah dan lakukan step by step langkah dengan tepat. Pastikan anda menginstall anti virus dan pastikan komputer anda dimatikan dengan benar . karena biasanya rusak / crashnya perintah Print spooler dapat disebabkan oleh files windows yang crash ketika kalian tidak mematikan komputer dengan benar dan juga adanya sebuah program perusak yaitu virus yang bersarang di komputer kalian .

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments