HDMI Extender over IP

By | April 9, 2020
hdmi-extender-over-ip
foto : https://www.jakartanotebook.com/

HDMI extender adalah sebuah alat yang berfungsi untuk melakukan transmisi gambar dengan input dan output bertype HDMI yang memanfaatkan jalur kabel Jaringan atau UTP dalam melakukan proses pengiriman gambar. Seperti yang kita ketahui bahwa format HDMI juga dapat secara bersamaan melakukan transmisi suara sekaligus.

Kabel HDMI konvensional biasanya memiliki keterbatasan dalam melakukan transmisi gambar. Mayoritas hanya bisa mengirim transmisi gambar dengan jarak kurang lebih 25 meter. Adapun yang dapat mencapai 35 meter , namun itu sangat jarang dan pada kenyataannya bahwa itu semua tergantung pada aspek yang saling berhubungan . Yaitu, teknologi perangkat pengirim (output device ) , teknoloi perangkat penerima (input device) dan kualitas kabel HDMI tersebut.

Prinsipnya bahwa HDMI extender ini memliki fungsi untuk memanfaatkan kabel UTP karena memiliki jangkauan yang lebih jauh lagi . bayangkan saja ketika kita akan melakukan transmisi gambar dengan HDMI pada jarak yang cukup jauh ( lebih dari 35 meter ) maka kita tidak bisa bergantung pada kabel HDMI konvensional. Hardware HDMI extender menjadi solusi dan kita bisa memanfaatkan dan bahkan kualitas gambar dan beberapa teknologi bisa kita maksimalkan.

Secara teori bahwa pada saat ini terdapat 2 type teknologi HDMI extender sebagai berikut :
1. HDMI extender konvensional ( Hanya memanfaatkan kabel UTP ).
2. HDMI extender over IP .

secara garis besar bahwa HDMI extender konvensional hanya memanfaatkan kabel UTP ( direct kabel ) dan seperti yang kita ketahui bahwa kabel UTP memiliki batas maksimal hanya sampai 100 Meter dan setelah itu akan mengalami loss data. Kebanyakan HDMI extender konvensional menawarkan jarak transmisi sampai 60 Meter. Berbeda dengan HDMI extender over IP atau yang sering disebut HDMI extender over LAN memiliki jangkauan yang lebih jauh karena cara kerjanya seperti perangkat jaringan , asalkan dapat terkoneksi dan syaratnya yaitu berada pada satu kelas jaringan yang sama ( melewati berbagai switch maupun router ) . Jadi syarat utamanya yaitu berada pada jaringan yang sama , itu membuat HDMI extender over IP dapat bekerja pada beberapa gedung ataupun pada beberapa wilayah bahkan kota dan cakupan negara asalkan bisa terknoksi pada kelas jaringan yang sama.

Baca Juga :   Manfaat Menambahkan Table Of Content pada Website

Prinsipnya bahwa HDMI Extender over IP menawarkan manfaat yang lebih banyak bahkan seperti yang kita singgung diawal bahwa HDMI juga bisa mentransmisikan jalur suara , jadi bagi kita yang ingin melakukan transmisi jalur suara seperti mengaplikasikan pada masjid ataupun pengeras suara dapat memanfaatkan fitur ini * ( *red ini akan dibahas pada pembahasan selanjutnya – memanfaatkan HDMI extender over IP sebagai transmisi suara adzan dari masjid ke gedung lainnya )

Pada kesempatan kali ini penulis akan lebih memabahas HDMI extender over IP . So, Karena menurut penulis alat ini memiliki lebih banyak fitur dan manfaat dalam pengaplikasiannya dibandingkan hanya menggunakan HDMI extender konvensional.

Di indonesia memang HDMI extender over IP masih belum terlalu banyak diketahui . Karena memang kebanyakan digunakan oleh para perusahaan yang menyediakan jasa seperti billboard,digital screen, laboratorium, broadcasting dan lainnya .

Merk HDMI extender yang beredar di indonesia ada beberapa dan yang menurut penulis memiliki standarisasi yang bagus yaitu bafo ( standar penggunaan di entry-level ) . Masih banyak lagi merk yang berada pada high-level namun harganya memang sangat tinggi . Menurut penulis bahwa standar merk bafo sudah cukup untuk dapat dimanfaatkan fiturnya.

Selain bafo, ada juga netline dan chronus. Namun sangat disayangkan bahwa merk-merk seperti ini cukup sulit ditemukan . Mayoritas yang beredar saat ini yaitu alat dari china yang biasanya tanpa merk. Namun faktanya kalo dilihat dari hardware maka kebanyakan adalah otentik dan yang membedakan hanya branding saja. Bahkan chipset yang dimiliki oleh hardware kebanyakan adalah sama antara satu dengan yang lainnya.

Sebagai contoh bahwa ketika penulis membeli 2 merk HDMI extender over IP dengan merk bafo dan tanpa merk maka secara fisik dapat dikatakan otentik. Kedua alat tersebut pun dapat saling terkoneksi dengan baik .

Baca Juga :   Mengatasi Printer yang tidak dapat melakukan Print [ Services.msc ]

Setiap Paket HDMI extender over IP memiliki 1 perangkat sender dan 1 perangkat receiver.

1. Perangkat sender yaitu alat yang dikoneksikan dengan Kabel HDMI yang terkoneksi pada alat input seperti dari laptop maupun smart TV box.
2. Perangkat receiver yaittu alat yang menerima hasil kiriman yang dikirim oleh sender. Alat receiver itu terkoneksi dengan kabel HDMI yang tersambung dengan perangkat output seperti digital televisi maupun projector.

Sebagai analisa bahwa penulis pernah melakukan koneksi HDMI extender over IP dengan skema 1 sender (input) dan 8 receiver (output). Koneksi ini sudah dirunning dan hingga saat ini dengan waktu running 6 bulan tidak ditemukan masalah. Secara spesifikasi bahwa 1 sender dapat mengirim pada 254 receiver, hal ini sesuai dengan jumlah IP pada 1 kelas . Secara sistematis bahwa HDMI extender over IP bisa melakukan hal ini . Namun penulis memang belum pernah mencobanya, system kerjanya bahwa sender melakukan broadcast terhadap receiver yang sesuai (memiliki kelas ip yang sama dengan sender) .

Hal ini berkaitan denga bandwitch yaitu kemampuan perangkat yang kita miliki , tentunya bahwa semakin banyak receiver maka akan semakin besar bandwitch yang dimiliki. Hal ini menjadi perhatian karena switch dan kabel yang kita miliki harus mampu untuk menangani traffic yang besar. Konsekuensinya bahwa hasil gambar tidak akan maksimal dan mungkin resolusi harus diturunkan . * ( catatan : penulis menggunakan resolusi 1080p pada mode 1 sender 8 receiver dan overall tidak terjadi delay ketika melakukan pemutaran video ). * Settingan resolusi dan fps terdapat juga pada perangkat HDMI extender.

Berikut adalah skema koneksi HDMI extender over IP / HDMI extender over LAN.

Menurut penulis secara fungsi bahwa HDMI extender over IP sudah sangat baik untuk menunjang berbagai kebutuhan dan dapat diexplore lebih jauh untuk penggunaannya.

Baca Juga :   Mengatasi Printer yang tidak dapat melakukan Print [ Services.msc ]

Beberapa tempat online yang menjadi rekomendasi penulis untuk membeli perangkat HDMI extender over IP. sebagai berikut:

1. Jakartanotebook.com : https://www.jakartanotebook.com/hdmi-extender-rj45-network-cable-1080p-support-with-1tx-and-1rx-black

2. Tokopedia.com – Gudang dot com : https://www.tokopedia.com/gdotc/hdmi-extender-rj45-network-cable-1080p-support-with-1tx-1rx-5b78

Penulis merekomendasikan kedua tempat berbelanja online tersebut karena penulis pernah membeli perangkat tersebut disana . Overall barangnya OK dan bisa dilakukan setting dengan melakukan flash terhadap system yang ada pada HDMI extender over IP tersebut. Sebagai gambaran bahwa secara default HDMI extender over IP tersebut pada defaultnya tidak dapat dilakukan setting ataupun penggantian alamat IP . Untuk mengganti alamat IP pada perangkat HDMI extender over IP tersebut harus dilakukan flashing softwarenya. Ini akan diterangkan pada postingan selanjutnya . so, tunggu artikel selanjutnya ya.

Catatan akhir penulis bahwa alat seperti ini dibutuhkan. Karena pada dasarnya saat ini kemajuan teknologi sudah meningkat dan sistem jaringan yang sangat flexible menjadi sebuah keharusan . System kabel konvensional sudah mulai ditinggalkan karena kekurangannya yang tidak dapat mengcover situasi zaman pada saat ini. HDMI extender sebagai alat yang memiliki sistem input dan output patut dijadikan andalan pada sistem mutimedia yaitu pengiriman gambar dan audio.

internet menjadi dasar bahwa kemampuan perangkat sudah bisa saling interkoneksi tanpa terpengaruh oleh jarak dan waktu yang ada.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments