Cryptocurrency sebagai sebuah system keuangan baru

By | December 6, 2020
Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah sebuah system penamaan pada mata uang digital yang tentunya tidak memiliki bentuk fisik dan bersifat elektronik. Sebuah system yang dikatakan sebagai mata uang karena memiliki nilai . Ya Nilainya akan berbeda pada setiap crptocurrency. Sebuah mata uang yang memang tidak memiliki kontrol terpusat oleh seseorang karena systemnya yang tergantung pada setiap pemiliki cryptocurrency tersebut.

Sejarah Cryptocurrency

Pada dasarnya Kita semua pasti setuju bahwa Bitcoin adalah awal pembuka era system cryptocrruency di seluruh dunia . Bitcoin mulai beredar pada tahu 2009 dan diperkenalkan oleh satoshi nakamoto yang hingga saat ini masih simpang siur tentang sosok aslinya. Banyak orang yang mengaku sebagai satoshi nakamoto, namun pengakuan tetaplah pengakuan tanpa adanya sebuah bukti. Secara teknis bahwa satoshi nakamoto harusnya memiliki sebuah hash yang didalamnya terdapat beberapa persen dari jumlah bitcoin yang beredar. Inilah yang hingga saat ini masih belum dapat dibuktikan.

Bitcoin Menjadi sebuah mata uang digital yang sangat revolusioner pergerakannya , bahkan Bitcoin menjadi sebuah crypto yang digunakan oleh semua orang yang mengenal dan mempelajari crypto. Jika dibandingkan dengan sebuah keadaan di dunia maka Bitcoin dapat dikatakan sebagai Sebuah USD america karena pengaruhnya yang memang tidak dapat dihilangkan . Semua exchange pasti memiliki sebuah skema pair Bitcoin. Selain mengembangkan mata uang digital lainnya tentu seperti ethereum, stellar, doge coin, USDT dan lainnya.

Peredaran Bitcoin mulai melesat semenjak tahun 2014 ketika banyak sekali perusahaan yang memulai mengimplementasikan penggunaan Bitcoin . Pada waktu tersebut juga mulai sekali banyak ditemukan sebuah penambangan Bitcoin dan Crypto lainnya. Penambangan ini diartikan sebagai sebuah skema ketika processing komputer memecahkan sebuah hash yang ada pada coin digital tersebut. Semakin lama waktu nya maka semakin sulit juga sebuah block dapat dipecahkan . jadi sangat beruntung bagi orang orang yang memang sudah melakukan penambangan sejak awal. Menurut saya penambangan saat ini sudah tidak ekonomis karena semakin sulitnya block dan alat serta biaya listrik yang harus dikeluarkan . Mungkin bagi beberapa orang yang sudah berinvestasi sejak lama tentunya ini bukan menjadi masalah karena mereka telah melakukan investasi pada alat dan hardware yang dibutuhkan.

Baca Juga :   Pangsa Pasar OVO sebagai dompet digital di Indonesia

Penggunaan Cryptoccureny

Hingga saat ini penggunaan cryptocurrency sudah semakin luas , bahkan di negara indonesia sudah ditemukan banyak sekali startup yang memunculkan coin digital mereka. Walaupun tantangan yang berat dan hanya beberapa yang bertahan tapi ini membuktikan bahwa komunitas penggunan Cryptocurrency di Indonesia sudah bermunculan. Sebagai fakta bahwa banyak sekali para miner, trader dan pencari bounty di negara indonesia. Peredaran Crypto di indonesia tidak lepas dari pengaruh exchange crypto terbesar di indonesia yaitu Indodax. Sebagai Sebuah perusahaan yang secara hukum dan legal, maka sudah sah Indodax mengelola dana yang sangat luar biasa.

Saat ini Banyak layanan yang membuka sebuah fasilitas seperti pengisian ulang pulsa, pembayaran tagihan , pembayaran telkom, pembayaran bpjs , pembayaran token listrik dan pembayaran lainnya dengan media penggunaan crypto sebagai media transaksinya. Ini menjadi sebuah titik baru karena komunitas yang kuat akan memunculkan berbagai layanan yang akan membantu untuk melakukan learning sharing terhadap masyarakat. Masyarakat membutuhkan pengetahuan tentang adanya sebuah system coin digital yang memiliki aksebilitas yang luas, kemampuan transaksi yang cepat , dan juga privasi yang tinggi. Privasi, inilah yang menjadi alasan banyak orang menggunakan cryptocurrency. Walaupun pasti ada sisi negativenya , tapi banyak juga sisi positivenya , hal ini akan saya bahas pada postingan yang lainnya.

Tanggapan Pemerintah terhadap Cryptocurrency

Pemerintah tidak langsung membuat keputusan terhadap penggunaan Cryptocurrency di Indonesia. Secara verbal bahwa pemerintah tidak menyarankan penggunaan cryptocurrency karena menurut Pemerintah bahwa penggunaan Cryptocurrency dapat mengganggu stabilitas ekonomi yang ada di negara Indonesia. Hal tersebut memang tak lain adalah dari tingginya fluktuasi harga cryptocurrency yang bisa terjadi dengan cepat. Mungkin saja harga Bitcoin saat ini berada pada range 270 Juta Rupiah dan 2 hari kemudian bisa menurun dan berada pada range 200 Juta Rupiah. Tentunya ini adalah alasannya karena penurunan tersebut bisa membuat kekacauan ekonomi, tapi kenaikan harga juga bisa menyebabkan hal tersebut. Tidak jarang bahwa harga Bicoin meningkat 40 Persen hanya dalam waktu beberapa hari saja. Ini sudah sering terjadi dan ini yang sebenarnya diawasi dan ingin dihindari.

Baca Juga :   Memperbaiki Printer Epson yang susah menyala

Secara spesifik bahwa penggunaan Cryptocurrency tidak dilarang , namun agar dapat dihindari. – pemerintah –

Cryptocurrency adalah masa depan

Bagi saya secara pribadi bahwa penggunaan Cryptocurrency adalah sebuah kemajuan dalam system keuangan global. Hal tersebut bisa menyatukan transaksi keuangan tanpa melihat asal, waktu dan tempatnya. Setiap orang dan siapapun itu bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudahnya. Penggunaan Cryptocurrency sudah sejalan dengan semakin meningkatnya teknologi dan semakin berkembangnya era kemajuan teknologi di berbagai bidang. Cryptocurrency adalah bagian dari masa depan , dan kita adalah yang akan menentukan bagaimana Cryptocurrency dapat diimplementaskan dengan tepat.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments